Sabtu, 21 Mei 2011

Doa abu nawas

 
Belum lama ini Fisikawan Stephen Hawking mengatakan bahwa Ia percaya ada kehidupan setelah kematian. Tidak hanya itu, ia juga mempercayai bahwa konsep surga hanyalah sebuah 'cerita dongeng' bagi orang yang takut mati.
Tidak pernah terbayang dalam pikiran apalagi pernah mata ini melihat bagaimana surga itu. apa surga itu berupa sebuah tempat atau sebuah keadaan? kalau sebuah tempat di manakah tempatnya? waktu kecil saya selalu membayangkan surga itu diatas langit dan neraka ada dibawah tanah. apa iya?
jadi sebenarnya apakah surga itu adanya di sana? bukan disini? Atau dengan kata lain, disana bukan berarti disini. Disini bukan berarti disana.
Jika sebuah keadaan, keadaan seperti yang bagaimana yang kemudian pantas disebut sebagai surga?
sepertinya rumit. untuk saat ini, bisa segera merampungkan kuliah tahun ini lalu bisa segera bermain ombak di laut atau mencium bau cemara di gunung mungkin akan saya anggap seperti disurga. 

hmmm tiba tiba saya jadi teringat doa dari abu nawas yang waktu kecil saya sering lafalkan :


Duh Gusti...tidak layak saya masuk ke dalam surga-Mu tetapi saya tiada kuat menerima siksa neraka-Mu. Maka kami mohon taubat dan mohon ampun atas dosa kami. sesungguhnya Engkau Maha Pengampun atas dosa-dosa.


ya, saya percaya kalau surga itu ada. dan surga bukanlah untuk dicari tetapi diwujudkan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar